Selasa, 16 Juli 2024

JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.2

 

JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.2.

Jurnal ini dilakukan sebagai rekaman kegiatan yang telah dilakukan dalam kegiatan pendidikan CGP pada modul 1.2. 


Ø  Jumat, 5 Juli 2024 (13.15 – 15.20 WIB)

 

Hari jumat siang sudah dimulai ruang kolaborasi yang masih dipandu oleh fasilitator yaitu bapak Ridho dan pendamping pengajar praktek yaitu bapak Najib. Saya masuk ke rukol agak telat karena saya tidak mengecek kegiatan hari ini sehingga ada kesalahan bagi saya namun walaupun terlambat masuk, pak Ridho dan pak Najib masih mau bertoleransi dan memakluminya. Saya langsung masuk ke BOR 1 dimana sudah dibentuk kelompok sesuai arahan. Dalam RuKol  membahas tentang membuat karya poster/power point/video tentang rancangan SATU kegiatan sebagai upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang telah dimiliki tiap rekan dalam kelompok. Kegiatan ini didiskusikan dari tiap kelompok. Setiap kelompok sudah diatur pembagian kelompoknya. Adapun kelompok sesuai jenjang Modul 1.2 terdiri dari:

1.    Kelompok TK (Bu Lina, Bu Rofiqoh, Bu Aeny, Bu Kiki)

2.    Kelompok SD (Pak Suhael Fahmi, Pak Imam, Bu Santi, Pak Fery)

3.    Kelompok Putih Biru&Abu (Pak Dony, Bu Aim, Pak Zuhriyal Fahmi)

Saya masuk dalam kelompok SD seperti yang tertera di atas. Dalam diskusi kemudian akan dibuat suatu presentasi yang menyangkut tentang upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai dari sekolah yang dikolaborasikan dalam satu kegiatan kokurikuler, intrakurikuler dan ekstrakurikuler, peran apa yang dilakukan kita sebagai guru penggerak. Akhir sesi rukol tersebut dengan foto bersama dengan gaya yang berbeda dari pertemuan kemarin.

 

Ø  Minggu, 7 Juli 2024, Pukul 11.00 – 16.30 WIB

Hari minggu tgl 7 Juli 2024 pukul 14.35 merupakan hari bersejarah yang tak terlupakan selama hidup. Saat itu saya sedang mengerjakan tugas untuk persiapan paparan hari senin besok. Namun tanpa saya sadari keadaan tempat tidur di kamar saya bergerak kencang dan keadaan rumah ada bagian list eternit yang runtuh dan ternyata gempa telah terjadi di Batang. Namun itu hanya beberapa saat saja dengan gempa susulan ada 4 kali hingga akhirnya saya harus menenangkan diri untuk mengerjakan tugas tersebut.

 

 

 

Ø  Senin, 8 Juli 2024, Pukul 13.10 – 16.07 WIB

Pada hari senin siang saatnya pertemuan di room dengan dipimpin oleh pak Ridho seperti biasa menyapa peserta dan diawali dengan berdoa bersama. Pak Ridho menyapa kami satu persatu dengan menanyakan bagaimana peserta CGP menjaga kesehatannya untuk dapat menjalani hari-harinya dan banyak jawaban dari para peserta yang variatif. Setiap peserta dapat mengelola kesehatannya dengan caranya masing-masing untuk tetap menjaga staminanya. Sesi berikutnya dilanjutkan dengan presentasi yang dipaparkan dalam rukol. Walaupun materi yang disampaikan berbeda dengan jenjang yang saya ampu namun saya berusaha dengan berbagai sumber dari guru-guru SD untuk dapat menampilkan dan memberi informasi materi yang dibahas saat itu. Presentasi pertama tampilan dari jenjang PAUD, TK dilanjutkan jenjang SD dan terakhir SMP dan SMA/SMK. Saat presentasi dirasa sangat singkat namun ternyata tanpa disadari memerlukan waktu yang lama sehingga banyak pertanyaan yang harus dijawab satu persatu. Namun dalam diskusi yang sudah berlangsung tidak mengharapkan salah satu kelompok untuk unggul namun saling berbagi pengetahuan dan pengalaman (brainstroming) yang telah dilaksanakan. Diakhir sesi ini pak Ridho meminta setiap peserta untuk membuat surat cinta bagi guru yang menginspirasi. Setelah dibuat lalu difoto dikirim  ke grup dan ditunjukkan di room untuk foto bersama.

 

Ø  Tgl 9 – 18 Juli 2024

Dari tanggal tersebut , berusaha mengerjakan tugas yang sudah ada di LMS untuk segera dikerjakan dengan due date yang telah ditetapkan. Agar memenuhinya maka perlu dikerjakan sesuai dengan arahan dari Pengajar Praktik dan Fasilitator.

Tahapan pengerjaan tugas sesuai dengan alur MERDEKA yang mempunyai akronim dari:

M : Mulai dari diri sendiri

E : Eksplorasi Konsep

R : Ruang Kolaborasi

D : Demonstrasi Kontekstual

E : Elaborasi Pemahaman

K : Koneksi Antar Materi

A : Aksi Nyata

 

Ø  Sabtu, 12 Juli 2024, Pukul 09.00 – 12.00 WIB

Ada kegiatan pendampingan Individu 1 (PI 1) di sekolah bersama Pengajar Praktik yaitu pak Ainun Najib. Pak Najib mengajar di SMAN 1 Pekalongan yang datang ke SMPN 12 Pekalongan untuk pendampingan individu yang pertama. Pada awalnya, pendampingan ini bertemu dengan ibu Kepala Sekolah agar mengetahui adanya kegiatan pendampingan individu yang merupakan bagian dari kegiatan program Calon Guru Penggerak. Tema dari pendampingan individu ke- 1 ini adalah refleksi awal kompetensi guru penggerak.Bahan materi pendampingan yang disampaikan yaitu :

1.    Diskusi tentang tantangan belajar daring dari kegiatan CGP

2.    Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai dengan pemikiran KHD

3.    Diskusi tentang pembuatan kerangka portofolio

4.    Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak.

Langkah-langkah pendampungan individu yaitu :

1.    Pengajar praktik menyapa dan menanyakan kabar CGP

2.    Menjelaskan tentang fokus pendampingan PP memastikan CGP Memahami aktifitas pendampingan yang dilakukan.

3.    PP memastikan dokumen yang dibutuhkan saat pendampingan individu sudah disiapkan.

4.    PP menanyakan kembali harapan dan hambatan dalam mengikuti kegiatan pendidikan CGP

5.    PP mengapresiasi CGP karena telah melakukan program pendidikan CGP secara daring di bulan pertama

6.    PP menanyakan dukungan lingkungan sekolah dalam mengikuti program pendidikan CGP

 

Bagian Inti Pendampingan (150 menit)

a.    Tindak lanjut hasil lokakarya Orientasi (30 menit)

Diskusi yang dibahas yaitu mengenai harapan, kekhawatiran dan dukungan yang diberikan khususnya dari warga sekolah.

Setelah melakukan pembelajaran daring selama hampir 1 bulan bersama fasilitator, maka pertanyaan yang diajukan yaitu:

1)    Bagaimana harapan dan kekhawatiran dari CGP?

2)    Apa saja harapan-harapan yang sudah terwujud setelah pembelajaran dalam hampir 1 bulan ini?

3)    Adakah harapan-harapan yang sudah terwujud untuk pembelajaran dalan 1 bulan ke depan ?

4)    Bagaimana dukungan dari Kepala Sekolah dan rekan guru selama mengikuti kegiatan CGP ?

 

b.    Tindak lanjut dari hasil pembelajaran (30 menit)

Diskusi mengenai implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran KHD dengan pertanyaan berikut :

1)    Berdasarkan pembelajaran dari filosofi KHD yang sudah CGP pelajari, Perubahan apa yang dilakukan CGP agar selaras dengan pemikiran KHD?

2)    Apa saja pembelajaran yang CGP dapatkan dari modul filosofi pendidikan nasional dari KHD yang mendorong CGP melakukan perubahan ?

3)    Bagaimana respon peserta didik dari perubahan tersebut dan apa saja yang perlu diperbaiki ke depannya?

4)    Perubahan konkrit yang telah dilakukan , apakah sudah dituangkan dalam jurnal refleksi dwi mingguan?

5)    Tuliskanlah proses pembelajaran dalam jurnal refleksi yang terdapat di LMS

 

c.     Pembuatan kerangka portofolio (60 menit)

PP memberikan pembimbingan pada CGP dalam membuat kerangka portofolio dengan menggali informasi dari CGP sehingga pembimbingan sesuai dengan kebutuhan CGP.. Dalam pembuatan portofolio mengikuti panduan yang dituangkan dalam google site.

 

d.    Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak (30 menit)

Proses kegiatan ini, PP mengajak CGP berdiskusi tentang peta posisi diri. Hasil dari peta posisi diri menjadi dasar CGP dalam merencanakan pengembangan diri.

 

e.    Bagian akhir pendampingan (10 menit)

Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini:

1)    Apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki dari pendampingan ini dan untuk perbaikan pendampingan berikutnya.

2)    Apa pembelajaran yang dapat diambil dari pendampingan hari ini?

3)    Mengapresiasi dengan ucapan terima kasih telah berbagi praktik baik ?

 

f.      Pelaporan

Mengisi jurnal pendampingan dengan mengisi daftar hadir dan rencana pendampingan selanjutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar