JURNAL
DWI MINGGUAN MODUL 1.2.
Jurnal ini dilakukan sebagai rekaman kegiatan yang telah dilakukan dalam kegiatan pendidikan CGP pada modul 1.2.
Ø Jumat,
5 Juli 2024 (13.15 – 15.20 WIB)
Hari jumat siang sudah
dimulai ruang kolaborasi yang masih dipandu oleh fasilitator yaitu bapak Ridho
dan pendamping pengajar praktek yaitu bapak Najib. Saya masuk ke rukol agak
telat karena saya tidak mengecek kegiatan hari ini sehingga ada kesalahan bagi
saya namun walaupun terlambat masuk, pak Ridho dan pak Najib masih mau
bertoleransi dan memakluminya. Saya langsung masuk ke BOR 1 dimana sudah
dibentuk kelompok sesuai arahan. Dalam RuKol membahas tentang membuat karya poster/power point/video tentang rancangan SATU
kegiatan sebagai upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang telah dimiliki
tiap rekan dalam kelompok. Kegiatan ini didiskusikan dari tiap kelompok. Setiap
kelompok sudah diatur pembagian kelompoknya. Adapun kelompok sesuai
jenjang Modul 1.2 terdiri dari:
1. Kelompok
TK (Bu Lina, Bu Rofiqoh, Bu Aeny, Bu Kiki)
2. Kelompok
SD (Pak Suhael Fahmi, Pak Imam, Bu Santi, Pak Fery)
3. Kelompok
Putih Biru&Abu (Pak Dony, Bu Aim, Pak Zuhriyal Fahmi)
Saya masuk dalam
kelompok SD seperti yang tertera di atas. Dalam diskusi kemudian akan dibuat
suatu presentasi yang menyangkut tentang upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai dari sekolah yang dikolaborasikan
dalam satu kegiatan kokurikuler, intrakurikuler dan ekstrakurikuler, peran apa
yang dilakukan kita sebagai guru penggerak. Akhir sesi rukol tersebut dengan
foto bersama dengan gaya yang berbeda dari pertemuan kemarin.
Ø Minggu, 7 Juli 2024, Pukul 11.00 – 16.30 WIB
Hari minggu tgl
7 Juli 2024 pukul 14.35 merupakan hari bersejarah yang tak terlupakan selama
hidup. Saat itu saya sedang mengerjakan tugas untuk persiapan paparan hari
senin besok. Namun tanpa saya sadari keadaan tempat tidur di kamar saya
bergerak kencang dan keadaan rumah ada bagian list eternit yang runtuh dan
ternyata gempa telah terjadi di Batang. Namun itu hanya beberapa saat saja
dengan gempa susulan ada 4 kali hingga akhirnya saya harus menenangkan diri untuk
mengerjakan tugas tersebut.
Ø Senin, 8 Juli 2024, Pukul 13.10 – 16.07 WIB
Pada hari senin siang saatnya pertemuan di room dengan dipimpin
oleh pak Ridho seperti biasa menyapa peserta dan diawali dengan berdoa bersama.
Pak Ridho menyapa kami satu persatu dengan menanyakan bagaimana peserta CGP
menjaga kesehatannya untuk dapat menjalani hari-harinya dan banyak jawaban dari
para peserta yang variatif. Setiap peserta dapat mengelola kesehatannya dengan
caranya masing-masing untuk tetap menjaga staminanya. Sesi berikutnya dilanjutkan
dengan presentasi yang dipaparkan dalam rukol. Walaupun materi yang disampaikan
berbeda dengan jenjang yang saya ampu namun saya berusaha dengan berbagai
sumber dari guru-guru SD untuk dapat menampilkan dan memberi informasi materi
yang dibahas saat itu. Presentasi pertama tampilan dari jenjang PAUD, TK
dilanjutkan jenjang SD dan terakhir SMP dan SMA/SMK. Saat presentasi dirasa
sangat singkat namun ternyata tanpa disadari memerlukan waktu yang lama
sehingga banyak pertanyaan yang harus dijawab satu persatu. Namun dalam diskusi
yang sudah berlangsung tidak mengharapkan salah satu kelompok untuk unggul
namun saling berbagi pengetahuan dan pengalaman (brainstroming) yang
telah dilaksanakan. Diakhir sesi ini pak Ridho meminta setiap peserta untuk
membuat surat cinta bagi guru yang menginspirasi. Setelah dibuat lalu difoto dikirim ke grup dan ditunjukkan di room untuk foto bersama.
Ø
Tgl 9 – 18 Juli 2024
Dari tanggal tersebut , berusaha mengerjakan tugas
yang sudah ada di LMS untuk segera dikerjakan dengan due date yang telah ditetapkan.
Agar memenuhinya maka perlu dikerjakan sesuai dengan arahan dari Pengajar
Praktik dan Fasilitator.
Tahapan pengerjaan tugas sesuai dengan alur
MERDEKA yang mempunyai akronim dari:
M : Mulai dari diri sendiri
E : Eksplorasi Konsep
R : Ruang Kolaborasi
D : Demonstrasi Kontekstual
E : Elaborasi Pemahaman
K : Koneksi Antar Materi
A : Aksi Nyata
Ø
Sabtu, 12 Juli 2024, Pukul 09.00
– 12.00 WIB
Ada kegiatan pendampingan Individu 1 (PI 1) di
sekolah bersama Pengajar Praktik yaitu pak Ainun Najib. Pak Najib mengajar di
SMAN 1 Pekalongan yang datang ke SMPN 12 Pekalongan untuk pendampingan individu
yang pertama. Pada awalnya, pendampingan ini bertemu dengan ibu Kepala Sekolah
agar mengetahui adanya kegiatan pendampingan individu yang merupakan bagian
dari kegiatan program Calon Guru Penggerak. Tema dari pendampingan individu ke-
1 ini adalah refleksi awal kompetensi guru penggerak.Bahan materi pendampingan
yang disampaikan yaitu :
1. Diskusi
tentang tantangan belajar daring dari kegiatan CGP
2. Refleksi
penerapan perubahan kelas sesuai dengan pemikiran KHD
3. Diskusi
tentang pembuatan kerangka portofolio
4. Diskusi
peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak.
Langkah-langkah
pendampungan individu yaitu :
1. Pengajar
praktik menyapa dan menanyakan kabar CGP
2. Menjelaskan
tentang fokus pendampingan PP memastikan CGP Memahami aktifitas pendampingan
yang dilakukan.
3. PP
memastikan dokumen yang dibutuhkan saat pendampingan individu sudah disiapkan.
4. PP
menanyakan kembali harapan dan hambatan dalam mengikuti kegiatan pendidikan CGP
5. PP
mengapresiasi CGP karena telah melakukan program pendidikan CGP secara daring
di bulan pertama
6. PP
menanyakan dukungan lingkungan sekolah dalam mengikuti program pendidikan CGP
Bagian Inti
Pendampingan (150 menit)
a. Tindak
lanjut hasil lokakarya Orientasi (30 menit)
Diskusi yang dibahas yaitu mengenai harapan,
kekhawatiran dan dukungan yang diberikan khususnya dari warga sekolah.
Setelah melakukan pembelajaran daring selama hampir
1 bulan bersama fasilitator, maka pertanyaan yang diajukan yaitu:
1) Bagaimana
harapan dan kekhawatiran dari CGP?
2) Apa
saja harapan-harapan yang sudah terwujud setelah pembelajaran dalam hampir 1
bulan ini?
3) Adakah
harapan-harapan yang sudah terwujud untuk pembelajaran dalan 1 bulan ke depan ?
4) Bagaimana
dukungan dari Kepala Sekolah dan rekan guru selama mengikuti kegiatan CGP ?
b. Tindak
lanjut dari hasil pembelajaran (30 menit)
Diskusi mengenai implementasi perubahan di
ruang kelas sesuai pemikiran KHD dengan pertanyaan berikut :
1) Berdasarkan
pembelajaran dari filosofi KHD yang sudah CGP pelajari, Perubahan apa yang
dilakukan CGP agar selaras dengan pemikiran KHD?
2) Apa
saja pembelajaran yang CGP dapatkan dari modul filosofi pendidikan nasional
dari KHD yang mendorong CGP melakukan perubahan ?
3) Bagaimana
respon peserta didik dari perubahan tersebut dan apa saja yang perlu diperbaiki
ke depannya?
4) Perubahan
konkrit yang telah dilakukan , apakah sudah dituangkan dalam jurnal refleksi
dwi mingguan?
5) Tuliskanlah
proses pembelajaran dalam jurnal refleksi yang terdapat di LMS
c. Pembuatan
kerangka portofolio (60 menit)
PP memberikan pembimbingan pada CGP dalam
membuat kerangka portofolio dengan menggali informasi dari CGP sehingga
pembimbingan sesuai dengan kebutuhan CGP.. Dalam pembuatan portofolio mengikuti
panduan yang dituangkan dalam google site.
d. Peta
posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak (30
menit)
Proses kegiatan ini, PP mengajak CGP berdiskusi
tentang peta posisi diri. Hasil dari peta posisi diri menjadi dasar CGP dalam
merencanakan pengembangan diri.
e. Bagian
akhir pendampingan (10 menit)
Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan
saat ini:
1) Apa
yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki dari pendampingan ini dan untuk
perbaikan pendampingan berikutnya.
2) Apa
pembelajaran yang dapat diambil dari pendampingan hari ini?
3) Mengapresiasi
dengan ucapan terima kasih telah berbagi praktik baik ?
f. Pelaporan
Mengisi jurnal pendampingan dengan mengisi
daftar hadir dan rencana pendampingan selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar